Minggu, 03 Januari 2010

PENCEGAHAN DIABETES


Diabetes merupakan gangguan yang disebabkan oleh kurangnya produksi insulin/retensi insulin. Seseorang disebut menderita diabetes apabila memiliki kadar gula darah puasa lebih besar dari 126 serta kadar gula darah 2 jam setelah makan lebih besar dari 140. Adapun mereka yang mempunyaikadar gula darah puasa 100-126 dan gula darah setelah makan 140-200 termasuk dalam kategori prediabetes, yang selanjutnya berpotensi menderita diabetes. “Sebanyak 50% yang prediabetes akan jadi diabetes”.


Karena itu,setiap orang sebaiknya melakukan tindakan pencegahan. Langkah awal yang harus dilakukan adalah menekan factor risiko diabetes,seperti berat badan berlebih,kadar lemak yang tidak normal,dan hipertensi.

Selain itu,ada baiknya lebih berhati-hati jika mempunyai garis keluarga yang menderita diabetes/bagi ibu yang melahirkan bayi dengan berat badan lebih dari 4kg. Kedua factor ini,turut memperbesar risiko mengalami diabetes.

Dari semua factor risiko,obesitas merupakan factor penyebab terbesar diusul gaya hidup bermalas-malasan. Untuk menghindari obesitas,setiap orang dianjurkan menghindari gaya
hidup bermalas-malasan.

0 komentar: